PSIKOLOGI PENDIDIKAN || Belajar dan Mengajar yang efektif serta Kendala dalam pelaksanaannya
Pengertian
mengajar
Mengajar
adalah membimbing siswa agar mengalami proses belajar. Dalam belajar, siswa menghendaki
hasil belajar yang efektif bagi dirinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut guru
harus membantu dengan cara mengajar yang efektif.
Menurut
warni rasyidin mengajar adalah keterlibatan guru dan siswa dalam interksi
proses belajar mengajar. Guru sebagai koordinator, menyusun, dan mengatur
situasi belajar. Guru memiliki peran penting dalam menetukan kuantitas dan
kualitas pengajaran yang dilaksanakan , oleh sebab itu guru harus memikirkan
dan membuat rencana guna meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan
memperbaiki kualitas mengajar.
Syarat-syarat
mengajar efektif
Mengajar
yang efektif adalah mengajar yang mempu membawa siswa belajar efektif pula
dengan demikian syaratnya adalah sebagai berikut :
-
Belajar
secara aktif, baik mental maupun fisik.
-
Guru harus
menggunakan banyak metode pada waktu mengajar. Hal ini dilakukan guna menarik
perhatian siswa.
-
Motivasi.
Hal ini sangat berperan untuk kemajuan kemampuan anak didik.
-
Kurikulum
yang baik dan seimbang. Yakni menyeimbangkan dari segi kepribadian anak.
-
Guru perlu
mempertimbangkan pada perbedaan individual. Guru tidak cukup hanya merencanakan
pengajaran klasikal, karena masing-masing anak memiliki perbedaan dalam
berbagai segi misalnya bakat, tingkah laku, sikap dll.
-
Membuat
suatu perencanaan. Mempersiapkan diri dengan materi pengajaran yang akan
dibawakan.
-
Guru harus
memiliki keberanian dalam menghadapi muridnya . berkenaan dengan masalah yang
timbul dalam proses belajar mengajar.
-
Menciptakan
suasana yang demokratis dalam sekolah dengan saling menghormati dan tenggang
rasa.
-
Pengajaran
remedial, di adakan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Cara mengajar efektif
Menguasai isi pengajaran bagaimana bisa seorang guru
melaksanakan kegiatan belajar mengajar jika tidak menguasai materi yang akan di
ajarkan dan inti dari pelajaran yang akan disampaikan.
Mengetahui dengan jelas sasaran
pengajaran pengajaran
yang jelas sasarannya membuat murid melihat dengan jelas inti dari pokok
pembahasan itu. Mereka dapat menangkap seluruh liputan pelajaran bahkan
mengalami kemajuan dalam proses belajar mengajar. Empat cirri khs yang harus di
perhatikan pada saat memilih sasaran pengajaran :
1. Inti dari sasaran harus di sebutkan
dengan jelas
2. Ungkapan penting dari sasaran harus
bertitik tolak dari konsep murid
3. Sasaran harus meliputi hasil belajar
4. Tanamkan susunan yang sistematis.
Pengertian
belajar
Belajar
menurut kamus bahasa Indonesia adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu,
berlatih, berubah tingkah laku , atau tanggapan yang di sebabkan oleh
pengalaman.
Beberapa
ahli yang mendifinisikan tentang belajar yakni :
1. Skinner dalam Barlow (1985) dalam
bukunya Educational Psychology : The Teaching Learning Process, belajar adalah
suatu proses adaptasi yang berlangsung secara progressif.
2. Chaplin (1972) dalam Dictionary
Psychology membatasi belajar dengan 2 macam :
a. Belajar adalah perolehan perubahan
tingkah laku yang relative menetap sebagai akibat dari latihan dan pengalaman.
b. Belajar adalah proses memperoleh
respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus.
3. Hintzman (1987) dalam bukunya The
Psychology of Learning and Memory berpendapat bahwa belajar adalah suatu
perubahan yang terjadi pada diri organisme, manusia atau hewan disebabkan oleh
pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.
4. Wittig (1981) dalam bukunya
Psychology of Learning belajar adalah perubahan yang relative menetap yang
terjadi dalam segala macam / keseluruhan tingkah laku suatu organisme sebagai
suatu hasil.
5. Reber (1989) dalam Dictionary of
Psychology. Menurutnya
ada 2 definisi tentang belajar, yaitu :
a.
Belajar adalah proses memperoleh pengetahuan
b.
Belajar adalah suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relative langgeng
sebagai hasil latihan yang diperkuat.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa
proses belajar meliputi :
a. Perubahan yang secara umum menetap
(relatively permanent)
b. Kemampuan bereaksi (response
potentiality)
c. Dapat diperkuat (Reinforced)
d.
Melalui
praktek
dan latihan (Practice)
ciri-ciri
belajar adalah :
1.
Adanya kemampuan baru atau perubahan. Baik tingkah laku maupun pengetahuan
2.
Perubahan itu tidak berlangsung
sesaat tapi menetap dan bertahan
3.
Perubahan itu tidak terjadi begitu saja melainkan dengan usaha
Faktor
pendorong orang ingin belajar :
1.
Adanya rasa ingin tahu
2.
Adanya keinginan untuk menguasai IPTEK sebagai tuntutan zaman
3.
Kebutuhan yang harus dipenuhi dari kebutuhan aktualisasi diri
4.
Melakukan penyempurnaan dari apa yang telah diketahui
5.
Mampu bersosialisasi
6.
Mengembangkan potensi diri
7.
Mencapai cita-cita yang diinginkan
8.
Mengisi waktu luang
Permasalahan dalam mengajar
dan cara mengatasinya
•
Persoalan pribadi siswa
•
Kenakalan siswa dalam
proses belajar mengajar melakukan pendekatan personal. Untuk mengetahui
latarbelakang siswa.
•
Motivasi siswa untuk
belajar yang rendah caranya dengan memberikan motivasi setiap akan memasuki
pelajaran diawal maupun di akhir selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk
belajar dan belajar.
•
Ketidak sukaan siswa
terhadap guru pembimbingnya caranya dengan menghadirkan pembelajaran yang ramah
kepada pasa siswa.
Faktor yang mempengaruhi
kesulitan belajar
Faktor yang mempengaruhi kesulitan
belajar ada 2 macam :
·
Faktor intern belajar
-
Kematangan
-
Kecerdasan
-
Motivasi
-
Minat
·
Faktor ekstern belajar
-
Lingkungan keluarga
-
Lingkungan masyarakat
-
Guru
-
Bentuk alat pelajaran
-
Kesempatan belajar
Cara mengatasi kesultan
belajar
1. Observasi Kelas
Pada tahap ini observasi kelas dapat
membantu mengurangi kesulitan dalam tingkat pelajaran, misalnya memeriksa keadaan
secara fisik bagaimana kondisi kelas dalam kegiatan belajar, cukup nyaman,
segar, sehat dan hidup atau tidak. Kalau suasana kelas sangat nyaman, tenang
dan sehat, maka itu semua dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih semangat
lagi.
2. Pemeriksaan Alat Indera
Dalam hal ini dapat difokuskan pada
tingkat kesehatan siswa khusus mengenai alat indera. Diupayakan minimal dalam
sebulan sekali pihak sekolah melakukan tes atau pemeriksaan kesehatan di
Puskesmas / Dokter, karena tingkat kesehatan yang baik dapat menunjang
pelajaran yang baik pula. Maka dari itu, betapa pentingnya alat indera tersebut
dapat menstimulasikan bahan pelajaran langsung ke diri individu.
3. Teknik Main Peran
Disini, seorang guru bisa berkunjung ke
rumah seorang murid. Di sana seorang guru dapat leluasa melihat, memperhatikan
murid berikut semua yang ada di sekitarnya. Di sini guru dapat langsung
melakukan wawancara dengan orang tuanya mengenai kepribadian anak, keluarga,
ekonomi, pekerjaan dan lain-lain. Selain itu juga, guru bisa melihat keadaan
rumah, kondisi dan situasinya dengan masyarakat secara langsung.
4. Tes Diagnostik Kecakapan/Tes
IQ/Psikotes
Dalam hal ini seorang guru dapat
mengetahui sejauh mana IQ seseorang dapat dilihat dengan cara menjawab
pertanyaan-pertanyaan praktis dan sederhana. Dengan latihan psikotes dapat
diambil beberapa nilai kepribadian siswa secara praktis dari segi dasar, logika
dan privasi seseorang.
5. Menyusun Program Perbaikan
Penyusunan program hendaklah dimulai dari
segi pengajar dulu. Seorang pengajar harus menjadi seorang yang konsevator,
transmitor, transformator, dan organisator. Selanjutnya lengkapilah beberapa
alat peraga atau alat yang lainnya yang menunjang pengajaran lebih baik, karena
dengan kelengkapan-kelengkapan yang lebih kompleks, motivasi belajarpun akan
dengan mudah didapat oleh para siswa.
Hendaklah semua itu disadari sepenuhnya
oleh para pengajar sehingga tidak ada lagi kendala dan hambatan yang dapat
mempengaruhi kegiatan belajar. Selain itu tingkat kedisiplinan yang diterapkan
di suatu sekolah dapat menunjang kebaikan dalam proses belajar. Disiplin dalam
belajar akan mampu memotivasi kegiatan belajar siswa.
Cara belajar yang efektif
Cara belajar yang efektif yakni :
•
Biasakan meringkas meteri
yang di berikan oleh guru mawpun dosen
•
Aktif dalam pembelajaran
•
Belajar kelompok
Comments
Post a Comment